Bab 3 Virtual Private Server

 

Virtual Private Server

1. Pengertian virtual private server

A. MENGENAL VPS (Virtual Private Server

Dalam sebuah server dijalankan beberapa sistem operasi yang dapat digunakan masing-masing pengguna server secara privat. Sistem operasi yang dijalankan dalam server tersebut bisa bervariasi, mulai dari Linux hingga Windows OS. Karena server ini menggunakan mode virtual, maka parapengguna VPS ini akan memiliki jatah sumber daya server sendiri, mulai dari prosesor, RAM, harddisk dan lain sebagainya. Tentunya VPS ini lebih aman dari gangguan dibandingkan dengan shared hosting. VPS (Virtual Private Server) cocok digunakan bagi pemilik situs yang memiliki pengunjung web/blogdengan angka di atas lima digit (sudah mencapai puluhan ribu pengunjung). Tetapi, berhubung dengan VPS mendapatkan sumber daya server dengan alokasi hardware tersendiri, maka biaya sewanya juga lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

VPS (Virtual Private Server) biasanya digunakan untuk keperluan web server software, File Transfer Protocol program, mail server program, dan berbagai jenis aplikasi software untuk kebutuhan blogging dan e-commerce. Pada dasarnya, UPS ini menjadi penengah dan menutupi kekurangan yang dimiliki oleh shared hosting dan dedicated hosting yaitu dengan memberikan kebiasaaan secara penuh terhadap sistem operasi yang dijalankan user, sehingga user dapat menginstal berbagai jenis software yang memang didukung oleh sistem operasinya.

B. Pengertian VPS

VPS adalah kependekan dari (Virtual Private Server), yaitu sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual. VPS digunakan secara pribadi dan keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja.Dikatakan sebagai virtual server karena memang server ini bersifat maya dan virtual, jadi servernya tidak memiliki fisik.

Dalam virtualisasi server menggunakan Teknologi virtualisasi hardware server fisik yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Karena teknologi virtualisasi itulah dalam satu buah server fisik bisa terdapat beberapa virtual server yang dijalankan.Dengan virtualisasi tersebut, memungkinkan kita untuk menginstall OS dan software tambahan sesuai kebutuhan, yang mana tidak dapat kita lakukan di shared hosting

 


Comments

Popular posts from this blog

Prinsip Dasar VPS

Bab 1 Control Panel Hosting

Konfigurasi Shared Hosting Server (I-MSCP)138