Pengertian VPS : Fungsi, Manfaat, Dasar dan Cara Kerja


Pengertian VPS

Pengertian VPS merupakan server yang tidak nyata atau virtual, menggunakan sistem operasi, menyimpan data atau fungsi lain pada server / penyedia VPS yang bertindak sebagai pengganti PC pribadi. VPS ini juga biasanya merupakan layanan berbayar yang dapat kita gunakan setelah membayar bulanan atau tahunan.

Seperti yang dijelaskan di awal, VPS memberi Anda area pribadi dalam bentuk server virtual yang tidak nyata. Meskipun Anda benar-benar perlu berbagi server fisik dengan pengguna lain, VPS membuat Anda merasa seperti Anda memiliki server fisik lengkap. Ini karena VPS diinstal pada setiap komputer di tingkat sistem operasi. Divisi ini kira-kira sesuai dengan prinsip partisi hard disk di komputer Anda.

Keuntungan yang jelas dari VPS adalah bahwa setiap server virtual tidak mempengaruhi kinerja server virtual lainnya yang masih berada di server fisik. VPS membagi bagian dari setiap hosting VPS sesuai dengan pengaturan yang dibuat.

Fungsi VPS

Fungsi VPS adalah penolong atau pengganti perangkat komputasi yang dapat Anda gunakan dan jalankan selama 24 jam tanpa istirahat. Selain itu, seperti yang dikatakan Mastekno, VPS ini dapat digunakan untuk menyimpan data penting dan menjalankan aplikasi waktu nyata saat Anda masih masuk.

Bahkan, ada banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh VPS. Fungsi VPS adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Server Website

Secara umum, VPS digunakan sebagai server web (web hosting) yang membutuhkan lebih banyak sumber daya. Misalnya, situs web dengan sejumlah besar data dan situs web dengan sejumlah besar data. Hosting web Penggunaan populer adalah untuk menyediakan hosting web.

Virtual Private Server sangat cocok untuk situs web perusahaan menengah dan menengah di mana aplikasi memerlukan konfigurasi khusus dan hanya dapat dijalankan oleh superuser. Penggunaan ini juga cocok untuk memulai bisnis web hosting dengan anggaran terbatas tetapi dengan layanan berkualitas tinggi.

2. Sebagai File Hosting

VPS tidak hanya berfungsi sebagai hosting web, tetapi juga dapat berfungsi sebagai lokasi penyimpanan untuk file pribadi (file hosting), sehingga dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Secara umum, VPS diperlukan sebagai file hosting untuk orang-orang yang sering menyimpan data dalam jumlah besar (mis. Gambar).

3. Sebagai Server Remote Desktop

Ada juga pengguna yang menggunakan VPS untuk mengotomatisasi bisnis mereka. Misalnya robot forex, spinner artikel, mengunduh dan mengunggah file dari jarak jauh dan lainnya.

4. Sebagai Host Server

Misalnya untuk VPN dan tunneling. Pengguna juga dapat menggunakan VPS sebagai server VPN (Virtual Private Network). Ini adalah koneksi pribadi yang hanya dapat digunakan oleh pengguna terdaftar.

5. Application Hosting

Dengan VPS, aplikasi dapat dibangun dan dikembangkan dengan biaya yang terjangkau.

6. Development/ Test Environments

Tentu saja, sejumlah tes diperlukan untuk membuat dan mengembangkan situs web. Dengan VPS, prosesnya dapat dilakukan secara efektif dan efisien, sehingga segala cacat dalam situs web dapat segera diperbaiki.

7. Backup Server

Kebutuhan cadangan server untuk memastikan bahwa layanan selalu berjalan normal sangat penting. Server cadangan ini dapat berisi situs web, email, file, dan basis data. Semua layanan ini berada dalam kondisi fisik dan logis yang terpisah untuk meminimalkan kerusakan atau kehilangan data.


Dasar-Dasar VPS

Berikut ini beberapa informasi dasar tentang VPS:

  • VPS berfungsi seperti server terpisah.
  • VPS memiliki proses, pengguna, file, dan menawarkan akses root penuh.
  • Setiap VPS memiliki alamat IP, nomor port, tabel, filter dan aturan peruteannya sendiri.
  • VPS dapat mengkonfigurasi file untuk aplikasi sistem dan perangkat lunak.
  • Setiap VPS dapat memiliki pustaka sistem atau mengubahnya ke salah satu pustaka sistem lainnya.
  • Setiap VPS dapat menghapus, menambah, mengubah, dan menginstal semua file, termasuk file dalam direktori root, dan mengkonfigurasi perangkat lunak aplikasi itu sendiri atau mengkonfigurasi perangkat lunak aplikasi dasar.
  • Dalam VPS, sumber daya server yang dialokasikan termasuk inti CPU, utilisasi CPU, RAM dan memori atau ruang penyimpanan.
  • Spesifikasi VPS itu sendiri berbeda, baik dari segi hard disk, RAM, jenis prosesor dan pilihan sistem operasi (Windows / Linux / dll.).
  • Dengan VPS, sebagai pengguna, Anda tidak perlu lagi menunggu server virtual ini, karena perusahaan penyedia VPS secara teratur mengurusnya dan memperbarui sistem operasi, memori, dll.

Kesimpulan VPS Server

VPS adalah pilihan tepat ketika kita membutuhkan layanan yang lebih fleksibel dan dapat dikustomisasi daripada shared hosting, dengan biaya yang tentu lebih murah daripada hosting khusus. Dengan VPS, situs web kami dapat menggunakan keunggulan yang sama dengan server khusus, tetapi dengan biaya dan usaha yang relatif sedikit. Karena dedicated server sebenarnya membutuhkan waktu yang relatif lama dan teknik manajemen yang lebih sulit



Sumber Referensi.


Comments

Popular posts from this blog

Prinsip Dasar VPS

Bab 1 Control Panel Hosting

Konfigurasi Shared Hosting Server (I-MSCP)138