Bab 1 Control Panel Hosting

Control Panel Hosting

1.  Control Panel Hosting

    Control panel hosting adalah tool yang akan membuat Anda dapat melakukan manajemen seluruh aspek layanan hosting. Melalui hosting control panel, Anda bisa melakukan beragam pengaturan pada sistem admin yang kompleks dengan hanya melakukan beberapa klik pada interfaceadmin. Sebelum ada hosting control panel, aktivitas tingkat lanjut pada sistem admin dilakukan dalam secara manual. Ada beberapa jenis control panel hosting yang semuanya menawarkan fitur dan desain layanan yang berbeda beda.

Kelebihan cPanel:

  • Mudah dipelajari
  • Mudah digunakan
  • Menghemat waktu dan uang
  • Telah melalui uji coba
  • Menawarkan software auto installer
  • Tersedia berbagai tutorial dan panduan online

Kekurangan cPanel:

  • Fitur yang terlalu banyak hanya akan memperlambat performa cPanel
  • Pengaturan yang penting bisa tiba-tiba berubah secara otomatis
  • Beberapa hosting menjalankan software yang tidak diupgrade
  • Biayanya mahal dan jarang dipasangkan di hosting gratisan

File Manager

Bagi pengguna PC berbasis Windows, pasti sangat familiar dengan Windows Explorer. Di dalam cPanel terdapat sebuah fitur File Manager yang mempunyai fungsi menyerupai Windows Explorer. File Manager di dalam cPanel ini dapat dipakai untuk mengelola semua direktori dan file milik Anda.

Bandwidth

Selanjutnya terdapat fitur bernama Bandwidth. Cara kerja fitur ini adalah untuk mengecek penggunaan Bandwidth dan mencakup berbagai aktivitas, mulai dari FTP, POP dan HTTP. Melalui fitur Bandwidth yang disematkan di dalam cPanel, sekarang Anda dapat lebih mudah mengatur dan mengelola kebutuhan hosting website

Disk space usage

Dalamm cPanel yang Anda dapatkan dari layanan hosting murah terdapat pula fitur Disk Space Usage. Fitur ini menyediakan cara praktis untuk melihat besaran disk space yang telah dipakai oleh tiap folder. Dengan demikian, Anda dapat memantau secara langsung setiap kapasitas yang masih tersedia dan melihat apa saja yang menyebabkan space database Anda habis.

Backups

Sekalipun penyedia hosting murah Indonesia telah memiliki layanan backup sendiri, namun tidak ada salahnya menggunakan fitur ini. Backups dari cPanel akan memungkinkan membuat semua data Anda menjadi lebih aman. Fitur backup ini dapat diatur sesuai kebutuhan website Anda dengan mudah.

 Accounts

Dengan fitur ini Anda dapat membuat akun FTP dan membatasi aktivitas agar hanya dapat download dan upload data dari direktori tertentu. Untuk menggunakan FTP, diperlukan sejumlah aplikasi pihak ketiga, seperti CuteFTP atau FileZilla.

TP Session Control

Ada pula fitur TP Session Control. Fitur ini dapat difungsikan untuk melihat siapa saja yang tengah login melalui FTP ke dalam situs Anda. Jika orang tersebut tidak melakukan izin untuk mengaksesnya, Anda dapat menghentikannya dengan langkah mudah.

MySQL Databases

Sedangkan fitur MySQL Databases memungkinkan Anda untuk membuat database, user,  dan mengatur hak akses. Sesuai dengan namanya, layanan ini telah didukung oleh MySQL.

Remote MySQL

Fitur utama lainnya adalah Remote MySQL. Melalui fitur ini Anda dapat langsung mengakses database tanpa harus login ke dalam cPanel. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan program pihak ketiga, seperti MySQL, HeidiSQL dan Navicat


 Jenis Jenis control panel hosting
  • cPanel

Hosting control panel satu ini hanya tersedia pada sistem operasi Linux. Hampir semua pemerhati dunia web memasukkan cPanel dalam daftar hosting control panel yang populer. Hosing control panel ini cocok untuk Anda para pemula dan pengembang yang memilih fungsi konsol daripada desain yang terlihat mengesankan. Terdapat beragam fitur yang dapat dengan mudah Anda akses dalam satu halaman.

Beberapa fitur utama cPanel adalah pengaturan nama domain, registrasi, dan transfer, manajemen email dan spam, fitur keamanan dari mulai pemblok IP hingga proteksi leech, pemonitor performa server, file manager dan FTP users creation, dan backup. Pengoperasian cPanel tidak sulit. Anda hanya memerlukan beberapa klik agar operasi dapat dilakukan. Terdapat deskripsi singkat yang menjelaskan masing-masing opsi.

  •  plesk

Plesk adalah hosting control panel populer, terutama di kalangan penyedia hosting Eropa. Panel ini dapat digunakan pada Windows dan Linux. Bersama cPanel, Plesk adalah hosting control panel yang paling banyak digunakan. Interface Plesk sederhana dan cukup intuitif sehingga Anda tidak aka mencari tool apa yang akan digunakan. Plesk dilengkapi dengan automaton yang bervariasi.

Automaton-automaton tersebut akan menghemat waktu dan sumberdaya Anda. Akibatnya, Anda akan fokus langsung pada pembangunan website. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan perawatan server. Plesk memiliki fitur unik berbentuk login levels. Terdapat 4 tingkat pada fitur tersebut dimana masing-masing tingkat memiliki perbedaan isi. Ke-4 tingkatan tersebut adalah Mail User, Domain Owner, Client/Reseller, dan Administrator.

  •  Direct Admin

 Direct Admin adalah salah satu hosting panel yang termudah dan tercepat. Selain itu, hosting panel satu ini juga cukup stabil. Direct Admin tersedia untuk Linux. Direct Admin mendukung akses multi level, dari mulai Administrator, User, hingga Reseller. Panel ini cocok digunakan untuk para pemula atau Anda yang tidak memerlukan pengaturan tingkat lanjut yang kompleks.

  •  Direct Admin

Direct Admin adalah salah satu hosting panel yang termudah dan tercepat. Selain itu, hosting panel satu ini juga cukup stabil. Direct Admin tersedia untuk Linux. Direct Admin mendukung akses multi level, dari mulai Administrator, User, hingga Reseller. Panel ini cocok digunakan untuk para pemula atau Anda yang tidak memerlukan pengaturan tingkat lanjut yang kompleks.

Anda tidak perlu memiliki kemampuan yang khusus dalam bidang IT untuk dapat mengoperasikan hosting panel satu ini. Beberapa fitur dan opsi pengaturan yang tersedia pada Direct Admin adalah manajemen DNS, pembuatan database, pembuatan manajemen, pembuatan backup, akun reseller, dan manajemen file. Direct Admin juga menyediakan statistik pengguna dan memiliki tool anti-spam.

  •  ISPmanager

ISPmanager adalah hosting panel yang memiliki tampilan dan desain yang sederhana. Sepintas, hosting panel ini memang terlihat sangat standar jika dibandingkan dengan hosting panel lain. ISPmanager tersedia untuk pengguna Linux. Terdapat 2 versi hosting panel ini. Versi pertama adalah versi Lite dengan fitur-fitur dasar yang bisa Anda temukan pada hosting panel pada umumnya.

Comments

Popular posts from this blog

Prinsip Dasar VPS

Konfigurasi Shared Hosting Server (I-MSCP)138